Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Banner
Home Admisi Syarat Pendaftaran
Syarat Pendaftaran PDF Print E-mail
Friday, 04 April 2014 07:44

Syarat Pendaftaran

· Background Pendidikan Sebelumnya:

Program Magister Sains

Program Studi

Asal S1

Keterangan

Akuntansi

Harus lulusan Akuntansi (sebidang)

Manajemen

Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi (selama 1 semester)

Ilmu Ekonomi

Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester.

Note:

linieritas-nya alih bidang atau bukan akan diputuskan oleh Pengelola berdasarkan review transkrip kuliah S-1

Program Doktor

Program Studi

Asal S1 dan S2

Keterangan

Akuntansi

S1 Harus lulusan Akuntansi (sebidang)

S2 Tidak harus lulusan Akuntansi (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang asal S2-nya alih bidang, kewajiban mengikuti Program Matrikulasi atau tidak didasarkan pada hasil test interview

Manajemen

Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2

Ilmu Ekonomi

Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2

Program S2

  1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut).
    Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.
Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi atau surat keterangan sedang proses akreditasi dari pimpinan Perguruan Tinggi, maka program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:

    1. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
    2. Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.

  1. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  2. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  3. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  4. Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.

Persyaratan Pendaftaran Online Program Doktor FEB UGM

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program doktor dalam bidang studi yang sama atau linier dengan bidang studi tingkat pendidikan sebelumnya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:

1.

Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.

2.

Ijazah S2, atau foto copy ijazah yang telah dilegalisir.

a. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.

b. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.

3.

Mempunyai transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S2 sebagai berikut:

a. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

b. ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

c. ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

4.

Mempunyai sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.

Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.

5.

Mempunyai sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat;

6.

Mempunyai sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:

a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;

b. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;

c. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

d. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

e. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.

7.

Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

8.

Mempunyai surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.

9.

Mempunyai Syarat khusus:

Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar).

Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.

10.

a. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja.

b. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi pelamar BUDI DN.

Prosedur Pendaftaran Online Program Doktor FEB UGM

  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id.
  3. Melakukan pendaftaran secara online.

a. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.

b. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No

Dokumen

Format

1

Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.

*.jpg

2

Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

*.pdf

3

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal (semua halaman)

*.pdf

4

Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini)

*.pdf

5

Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*)

*.pdf

6

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;

b. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;

c. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

d. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

e. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen

*.pdf

7

Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik.
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI

*.pdf

8

Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.

*.pdf

9

Syarat khusus:

Pelamar S3:

Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar).

Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.

*.pdf

10

Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja.

Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi pelamar BUDI DN.

*.pdf

  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.

  1. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Share