Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Banner
Home
Program Magister Sains FEB UGM
Workshop Filosofi dan Metodologi Penelitian PDF Print E-mail
Saturday, 11 November 2017 11:14

 

Prof. Dr. Jogiyanto Hartono memberikan gambaran singkat tentang buku “Filosofi dan Metodologi Penelitian”.

YOGYAKARTA – Jumat (10/11/2017), Program MD FEB UGM kembali mengadakan workshop dengan tema “Filosofi dan Metodologi Penelitian” di ruang Lippo, lantai dua, gedung MD FEB UGM. Workshop dengan tema serupa pernah diadakan pada Dies Natalis MD FEB UGM ke-37, yang dilaksanakan tanggal 29 September 2017. Atas permintaan dari banyak pihak, program MD kembali mengadakan workshop tersebut.

Acara dibuka pukul 08.30 WIB dengan sambutan yang disampaikan oleh koordinator program MD FEB UGM, Prof. Dr. Jogiyanto Hartono. Selain memberikan ucapan selamat datang, beliau juga menjelaskan latar belakang diadakannya acara tersebut.

“Workshop ini diadakan dalam rangka mendukung misi FEB UGM. Dikarenakan UGM sudah mendapatkan akreditasi internasional, yaitu AACSB maka misi kita harus selalu berkoordinasi dengan tiga hal. Tiga hal tersebut adalah impact, innovation in education, dan engagement”, jelas Prof. Dr. Jogiyanto dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Jogiyanto juga memberikan gambaran singkat tentang buku “Filosofi dan Metodologi Penelitian”, yang telah didapatkan oleh masing-masing peseta. Beliau mengatakan bahwa untuk periode yang akan datang, pendidikan doktor di FEB UGM dapat ditempuh dalam waktu 3,5 tahun. Hal tersebut berdampak pada terjadinya pemadatan kurikulum pendidikan doktor. Salah satu materi yang akan dipadatkan adalah filsafat ilmu. Materi filsafat ilmu merupakan materi yang mendasari pemikiran penelitian. Untuk itu, pengelola MD FEB UGM mengajak sebelas orang dosen beserta satu orang mahasiswa doktor untuk menulis buku tersebut agar dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa doktor yang memang dituntut untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas.

Setelah selesai memberikan sambutan, Prof. Dr. Jogiyanto Hartono mulai menyampaikan materi tentang konsep filosofi penelitian. Materi yang disampaikan meliputi definisi filosofi; perkembangan filosofi; filsafat ilmu; definisi ilmu pengetahuan; filosofi penelitian; kaitan filosofi penelitian dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi; bawang penelitian; pemetaan filosofi penelitian dengan kegiatan penelitian; filosofi penelitian positivisma; strategi penerapan riset berpasangan (duality research).

Pembicara kedua adalah Dr. Wakhid S. Ciptono, dengan materi tentang metodologi riset: paradigmatik vs. pragmatik. Materi yang disampaikan oleh Dr. Wakhid meliputi definisi ilmu pengetahuan; definisi ilmu pengetahuan sosial; definisi penelitian; metodologi di dalam penelitian; tantangan penelitian saat ini di bidang ekonomi; filosofi ilmu pengetahuan; perbandingan paradigmatik dan pragmatik; perbandingan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Beliau juga membahas dua artikel yang pernah beliau tulis, yaitu “Best Fit of paradigmatic and Pragmatic studies: The Implementation of Total Quality management (TQM) in Oil and Gas Industry in Indonesia” dan “Best Fit of Paradigmatic Study: The Economics of happiness and Benefit Corporations in Dealing with VUCA World Environment-Moving to Action”.

Pembicara ketiga adalah Dr. Nurul Indarti, dengan materi tentang kajian literatur: pemetaan riset terkini dan identifikasi peluang. Materi yang disampaikan oleh Dr. Nurul meliputi definisi kajian literatur; manfaat kajian literatur; tujuan spesifik kajian literatur; tipe-tipe kajian literatur; dan tahapan umum proses kajian literatur. Setelah pembicara ketiga selesai menyampaikan materi, acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta workshop. Acara berakhir pukul 16.30 WIB. (DS)

Dr. Wakhid S. Ciptono menyampaikan materi tentang metodologi riset: paradigmatik vs. pragmatik.

Dr. Nurul Indarti menyampaikan materi tentang kajian literatur: pemetaan riset terkini dan identifikasi peluang.

 
Pelatihan Mendeley oleh Forkomsi PDF Print E-mail
Wednesday, 01 November 2017 03:35

Heri Nurdiyanto, S.Kom., M.Ti. memaparkan berbagai fungsi Mendeley.

YOGYAKARTA – Dalam rangka meminimalisasi plagiarisme dan meningkatkan kemampuan menulis sitasi mahasiswa MD, Forum Komunikasi Mahasiswa MSi (Forkomsi) mengadakan pelatihan Mendeley. Pelatihan diadakan pada hari Selasa (31/10/2017) di ruang Auditorium BRI, lantai 3 gedung MD FEB UGM. Pembicara adalah Advisor Mendeley, Heri Nurdiyanto, S.Kom., M.Ti.

Acara dibuka oleh sambutan dari ketua Forkomsi, Amirusholihin pukul 13.30 WIB. Sebelum pelatihan dimulai, pembicara menyampaikan beberapa materi terlebih dahulu. Pada awal penyampaian materinya, pembicara menjelaskan tentang definisi dan fungsi Mendeley. Pembicara menyatakan bahwa selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui jika fungsi dari Mendeley adalah untuk menulis sitasi (reference manager), padahal Mendeley juga memiliki fungsi sebagai repository (article search), academic network, dan academic profile. Beliau juga menyampaikan materi tentang manfaat penggunaan referensi, jenis lembaga pengindex, jurnal indexing, cara untuk mendapatkan fulltext article, dan macam-macam open acces database.

Di tengah pelatihan, pembicara menyisipkan materi tentang plagiarisme. Pembicara menjelaskan beberapa hal yang termasuk ke dalam tindakan plagiarisme. Pembicara juga mengatakan bahwa dengan menuliskan sumber saja tidaklah cukup untuk bisa terhindar dari plagiarisme. Penulis juga harus melakukan parafrase ketika mengutip tulisan orang lain secara tidak langsung. Untuk itu, pembicara mengajarkan bagaimana melakukan parafrase dengan Mendeley.

Pada akhir pelatihan, pembicara mengingatkan agar peserta segera mengintegrasikan profil Mendeley mereka ke ORCID, lalu segera bergabung dengan kelompok di Mendeley sesuai bidang masing-masing, dan jangan lupa untuk membagikan paper yang sudah ditulis, baik pra-cetak atau pasca cetak. Pembicara berharap agar setelah pelatihan ini, peserta dapat mulai menggunakan Mendeley dalam setiap tugas menulis paper yang diberikan di kuliah. Acara berakhir pukul 15.30 WIB. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari Forkomsi kepada pembicara. (DS)

Penyerahan kenang-kenangan dari ketua Forkomsi kepada Heri Nurdiyanto, S.Kom., M.Ti.

 
Seminar Strategi Memenangkan Hibah Kompetitif Penelitian Skema DitRiset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Ristekdikti PDF Print E-mail
Saturday, 28 October 2017 07:21

Prof. Kamsul Abraha menyampaikan materi tentang karakteristik proposal yang baik dan benar.

YOGYAKARTA – Jumat (27/10/2017), Program Magister Sains dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM mengadakan seminar dengan tema “Strategi Memenangkan Hibah Kompetitif Penelitian Skema DitRiset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Ristekdikti”. Seminar diadakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan minat mahasiswa MD terhadap hibah penelitian yang ditawarkan oleh Kementerian Ristekdikti. Acara diselenggarakan di ruang Auditorium BRI, lantai 3, gedung MD FEB UGM. Pembicara adalah Prof. Kamsul Abraha, dosen Fisika dari Fakultas MIPA UGM yang berpengalaman sebagai reviewer hibah penelitian yang diselenggarakan oleh DIKTI. Moderator dalam acara tersebut adalah Dr. Heny Wahyuni, Dosen FEB UGM.

Acara dibuka pukul 09.15 WIB dengan sambutan yang disampaikan oleh moderator. Sebelum acara dimulai, moderator membacakan CV singkat dari pembicara. Di awal pembicaraannya, Prof. Kamsul Abraha menekankan bahwa kepatuhan terhadap panduan merupakan kunci utama untuk bisa memenangkan kompetisi hibah penelitian dari Kementerian Ristekdikti. Materi yang disampaikan meliputi: skema penelitian kompetitif, panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kewenangan pengelolaan dan pengusulan penelitian berdasarkan kelompok perguruan tinggi, karakteristik proposal yang baik dan benar, 6 kiat sukses menyusun proposal penelitian yang baik dan benar, komponen penilaian proposal, penganggaran proposal, dan tahap seleksi proposal.

Setelah pembicara selesai menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ditutup oleh moderator pukul 11.30 WIB. (DS)

 
Penjajakan Kerjasama Program MD FEB UGM dengan Erasmus School of Economics PDF Print E-mail
Tuesday, 31 October 2017 00:00

 

Foto bersama staf admisi MD FEB UGM, Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, Annemarieke Dumay-Roest, Dr. Nurul Indarti, dan staf program internasional FEB UGM.

 

Senin, (30/10/2017) bertempat di Ruang Rapat Lt. 3, Program MD mendapat kunjungan dari perwakilan Erasmus School of Economics (ESE) yang dihadiri oleh Annemarieke Dumay-Roest yang merupakan International Relation and Marketing Manager Education Service Centre, Erasmus School of Economics. Pada pertemuan tersebut Program MD FEB UGM, yang diwakili oleh Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, Dr. Nurul Indarti, staf admisi MD FEB UGM, dan staf program internasional FEB UGM menyambut baik penjajakan tersebut.

Pertemuan tersebut dibuka dengan pemaparan dari ESE yang menjelaskan program Master of Science in Economics dan Business dengan spesialisasi seperti: Behavioural Economics; Economics of Management and Organization; Health Economics; Financial Economics; Industrial Dynamics and Strategy; International Economics; Marketing; Policy Economics; Urban, Port and Transport Economics. Program Master in Science - ESE ini merupakan program strata dua yang diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun. Pengelola Program menjelaskan bahwa program Magister Sains FEB UGM merupakan program strata dua yang memiliki tiga program studi yaitu akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen dan merupakan program pendidikan berbasis riset (research based learning) yang diselesaikan dalam durasi dua tahun.

Diskusi dilakukan secara intensif untuk menyelenggarakan kemungkinan program double degree dan student exchange untuk level strata dua dan juga kemungkinan joint research, faculty member/student mobility untuk level strata tiga. Beberapa topik diskusi meliputi persyaratan pendaftaran, matakuliah yang ditawarkan, dan kurikulum program serta funding/scholarship. Selain itu masing-masing universitas akan meninjau kembali program yang akan disepakati dan akan ditindaklanjuti dengan MoU. (RR)

 
Pelepasan Wisuda Magister Sains dan Doktor Periode Oktober 2017 PDF Print E-mail
Saturday, 21 October 2017 00:50

Wisudawati dengan predikat cumlaude foto bersama pengelola.

YOGYAKARTA, Kamis (19/10/2017), Program MD FEB UGM resmi melepas satu orang wisudawati S3 dan 32 wisudawan/wisudawati S2 di Auditorium BRI, lantai 3, gedung MD FEB UGM. Acara tersebut turut dihadiri oleh Dr. Sony Warsono selaku Ketua Departemen Akuntansi FEB UGM, Prof. Jogiyanto Hartono selaku Koordinator Program dan Ketua Program Studi Akuntansi, dan Dr. Nurul Indarti selaku Ketua Program Studi Manajemen.

Wisudawati S3 pada pelepasan wisuda periode Oktober 2017 adalah Nenny Hendajany, dari Program Doktor Ilmu Ekonomi, dengan IPK 3,75. Beliau merupakan doktor ke-233 yang lulus dari FEB UGM dan doktor ke-57 yang lulus dari Program Doktor Ilmu Ekonomi. Dari 32 wisudawan/wisudawati S2, satu orang berasal dari Program Magister Ilmu Ekonomi, 14 orang berasal dari Program Magister Ilmu Akuntansi, dan 17 orang berasal dari Program Magister Ilmu Manajemen.

Acara dimulai pukul 11.15 WIB dengan laporan wisuda yang disampaikan oleh Dr. Nurul Indarti. Dalam laporan wisuda disebutkan bahwa terdapat dua orang wisudawati dari Program Magister Ilmu Manajemen yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude, yaitu Dioni Yurinda Rahmasuciana dan Cynthia Ayu Manggarani dengan IPK 3,85 dan 3,76. Dari Program Magister Ilmu Akuntansi terdapat satu orang wisudawati yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude, yaitu Nyoman Ayu Wulan Trisna Dewi dengan IPK 3,76. Rata-rata IPK wisudawan/wisudawati dari Program Magister Ilmu Akuntansi adalah 3,57, dari Program Magister Ilmu Manajemen adalah 3,46, dan dari Program Magister Ilmu Ekonomi adalah 3,60. Masa studi tercepat dari Program Magister Ilmu Akuntansi diraih oleh Wulan Rahmawati dengan masa studi 19 bulan. Masa studi tercepat dari Program Magister Ilmu Manajemen diraih oleh Nur Laily Fikriah dengan masa studi 23 bulan. Dari Program Magister Ilmu Ekonomi, masa studi tercepat diraih oleh Wiriyadi dengan masa studi 59 bulan. Dengan acara pelepasan wisudawan/wisudawati tersebut, program MD FEB UGM telah resmi meluluskan 3.137 mahasiswa bergelar Master of Science. Dari 3.137 lulusan, 1.376 berasal dari Program Magister Ilmu Akuntansi, 1.124 berasal dari Program Magister Ilmu Manajemen, dan 637 berasal dari Program Magister Ilmu Ekonomi.

“Saya ucapkan selamat atas kelulusan anda semua. Janganlah lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada keluarga, karena keberhasilan anda juga berasal dari dukungan orang-orang terdekat. Jadikanlah hari ini sebagai hadiah terbaik bagi keluarga anda. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan dari kami selaku pengelola ketika anda kuliah di sini. Perjalanan anda masih panjang. Janganlah berhenti menuntut ilmu,” pesan Dr. Nurul Indarti di akhir penyampaian laporan wisuda.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan dari wisudawan/wisudawati, yang diwakili oleh Dioni Yurinda Rahmasuciana. Dalam pesan dan kesannya, Dioni tidak lupa menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada orang tua, dosen, juga seluruh staf dan pengelola.

“Tanggung jawab kita sebagai mahasiswa mungkin telah usai, namun tanggung jawab kita atas ilmu dan gelar yang kita miliki akan tetap melekat selama hayat masih dikandung badan. Jadilah pribadi yang adaptif dan solutif agar tetap bisa bertahan dan meraih kemajuan baik dari segi akademis maupun non-akademis. Teruslah belajar dan berkarya serta membagikan ilmu yang kita punya kepada masyarakat. Setelah hari ini kami berharap agar tali silaturahmi tetap terjalin dan terjaga,” kata Dioni. (DS)

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 14