Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Banner
Home Kehidupan Kampus Lingkungan Jogja
Lingkungan Jogjakarta PDF Print E-mail
Friday, 04 April 2014 08:15

Lingkungan Jogjakarta

 

Yogyakarta memang punya banyak sebutan, kota pelajar, kota wisata, kota budaya, kota gudeg dan kota batik. Memang di kota yang merupakan Daerah Istimewa ini semua keanekaragaman sebutan tersebut dapat dijumpai dan menjadi sebuah daya tarik sendiri bagi para pendatang. Sebutan sebagai Kota Pelajar yang telah lama disandang ini memang bukan sekedar julukan biasa, sudah terbukti bahwa Yogyakarta menjadi tujuan utama para mahasiswa dari luar Pulau Jawa untuk menimba ilmu. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya calon Mahasiswa tiap tahun yang datang ke Jogja. Dampak positif nya adalah banyaknya mahasiswa dari luar pulau inilah yang juga menjadi pendukung sektor ekonomi bagi penduduk asli kota ini, dari banyaknya usaha tempat kost, tempat makan, tempat menjual perlengkapan kuliah. Di Yogyakarta memang tidak akan kesulitan untuk mencari fasilitas-fasilitas buat Mahasiswa ataupun wisatawan, tempat belanja dekat, tempat makan dekat dan terjangkau harganya, tempat wisata pun banyak jumlahnya.
Bercerita tentang makanan khas Yogyakarta, belum bias dibilang pernah ke Yogyakarta jika belum makan gudeg. Makanan khas yang satu ini banyak dijumpai di seantero kota Yogyakarta, biasa dinikmati untuk sarapan pagi atauun sebagai makan malam sambil menikmati suasana lesehan yang menjadi cirri khas kota Yogyakarta. Gudeg-gudeg yang terkenal di kalangan mahasiswa UGM karena berada di sekitaran kampus ini antara lain, gudeg sagan, gudeg bu Ahmad, gudeg yu Narni, supaya mengetahui apa bedanya kelezatan gudeg-gudeg tersebut harus dicoba langsung. Makanan khas lagi yang cukup tersohor di kalangan para civitas akademika UGM adaah SGPC Bu Wiryo. Letaknya memang di lingkungan UGM, sego pecel ini selalu ramai dikunjungi dan menjadi tujuan utama para alumni untuk mampir makan saat pulang Jogja.
Yogyakarta juga merupakan salah satu kota pusat kebudayaan di Indonesia, serta menjadi daerah strategis untuk keperluan bisnis maupun kegiatan rekreasi. Kombinasi antara budaya tradisional yang masih terasa kental dan kekayaan alam yang merupakan perpaduan antara pemandangan pantai dan gunung menjadikan pertumbuhan industri pariwisatanya terus meningkat. Karena itulah, Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat favorit untuk para eksibitor sebagai tuan rumah berbagai macam acara seperti konferensi baik di tingkat regional maupun internasional. Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Candi Prambanan, Museum Merapi, pantai-pantai yang sangat banyak, keunikan Malioboro menjadi tujuan para wisatawan dan juga bagian tujuan yang dipadukan dalam acara bisnis maupun akademis. Huntingbatik yang merupakan ciri khas Yogyakarta juga dan belanja berbagai oleh-oleh khas Yogyakarta seperti bakpia, ampyang, geplak menjadi wajib juga bagi para pendatang saat berkunjung di kota ini



 

Share