• About UGM
  • About FEB UGM
  • Sintesis Portal
  • Webmail
  • English
    • Indonesia
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Faculty of Economics and Business
Master of Science and Doctoral
  • Home
  • Profile
    • Preface
    • Vision and Mision
    • Cooperation
      • DOUBLE DEGREE MASTER PROGRAM
    • Directors
    • Lectures
    • STAFF
  • Admission & Alumni
    • Admission Master of Science
    • Admission Doctoral Program
  • Student
  • Academic
    • Curriculum Master of Science
    • Curriculum Doctoral Program
  • Research
  • Learning
    • Workshops
    • Books
    • REPESEA ERASMUS +
    • Reach Program
  • Home
  • Book
  • Strategi Penelitian Bisnis

Strategi Penelitian Bisnis

  • Book
  • 1 October 2019, 10.18
  • Oleh: admin
  • 0

Strategi penelitian di buku ini dikelompokkan dua kelompok utama, yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Strategi penelitian kuantitatif yang dibahas di buku adalah survei manual dan survei internet, studi kasus kuantitatif, eksperimen, dan analisis sitasi bibliometrik. Strategi penelitian kualitatif yang dibahas adalah studi kasus kualitatif, grounded theory, etnografi, dan phenomenology.
Buku ini diawali dengan pembahasan pemahaman dasar dan konsep survei yang meliputi tahapan awal, kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari, pengumpulan dan analisis data dalam melakukan survei. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai aplikasi survei dalam bentuk best practices perspective dan best fit perspective dengan pendekatan Logical Framework Analysis (LFA) dan Sensemaking dengan contoh penerapannya. Survei internet (internet survey) atau survei daring (online survey) juga dibahas dengan contoh-contoh nyatanya menggunakan perangkat lunak yang paling banyak digunakan.
Strategi studi kasus kuantitatif dan kualitatif juga dibahas. Pembahasan meliputi bagaimana mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menyiapkan data dalam studi kasus kuantitatif serta penerapannya di penelitian akuntansi manajemen. Studi kasus kualitatif yang dijelaskan adalah penelitian deskriptif, penelitian eksplanatori, cross case study, dan penelitian evaluasi.
Pembahasan eksperimen meliputi desain dan implementasi teknik manipulasi eksperimen yang mencakup pembahasan mengenai tipe variabel, struktur manipulasi, tipe manipulasi, pengecekan manipulasi, dan peningkatan kualitas manipulasi. Panduan untuk perancangan dan implementasi eksperimen lapangan berbasis internet juga dibahas di buku.
Buku ini menyajikan perjalanan awal metodologi grounded theory, prinsip dan strategi dasar yang menjadi karakteristik utama metodologi grounded theory. Uraian tentang pembentukan teori di akuntansi yang selaras dengan metodologi ini juga dibahas.
Definisi, konsep penelitian, dan strategi riset metoda etnografi, cara mengakses ke dalam kelompok yang ingin dipelajari, membangun relasi baik di lapangan, proses pengambilan data, cara menyimpan dan mengorganisasikan data dibahas di buku ini. Contoh-contoh penelitian di bidang bisnis terutama akuntansi yang menggunakan metoda ini juga dibahas.
Metoda fenomenologi mulai banyak diadopsi dalam penelitian-penelitian keperilakuan di bidang bisnis. Konsep mengenai fenomenologi, tujuan penelitian fenomenologi, sejarah dan tipe-tipe fenomenologi, tahap-tahap penelitian fenomenologi, serta contoh aplikasi penelitian fenomenologi dapat ditemukan di buku ini.
Bagian akhir membahas mengenai analisis sitasi bibliometrik yang digunakan sebagai salah satu strategi metodologi riset untuk memberikan metarisalah (meta-review) dalam literatur akademik. Di buku ini dibahas penggunaan analisis sitasi bibliometrik yang digabungkan dengan analisis konten untuk mengulas perdebatan akademik terkait exploration and exploitation dilemmas.

Untuk mendapatkan buku ini silahkan klik disini

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Faculty of Economics and Business
Master of Science and Doctoral Study Program
Jln. Nusantara, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia 55281
+62 (274) 580726, 524607-609
+62 (274) 524606
pascaeko@ugm.ac.id

Membership

  • NIBES
  • AAPBS
  • AUNBE
  • GBSN
  • AACSB
  • EFMD

Accredited By

  • BANPT
  • AACSB

Social Media

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Instagram
  • YouTube
  • Linkedin

© 2019 Faculty of Economics and Business UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY