Buku ini ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa dan peneliti-peneliti di bidang ilmu sosial khususnya ilmu ekononomi, bisnis, dan akuntansi yang ingin memahami lebih lanjutan mengenai filosofi penelitian dan juga metodologi penelitian. Memahami filosofi penelitian penting untuk mengerti aliran riset atau paradigma penelitian yang diikutinya, memilih pendekatan penelitian yang akan diterapkannya, metodologi yang akan digunakan, strategi penelitian yang akan dilakukan, dan teknik pengumpulan data yang dipilih.
Buku ini terdiri dari empat bagian. Bagian I membahas mengenai konsep Filosofi terdiri dari 4 bab dimulai dengan bab mengenai konsep filosofi, filosofi ilmu, dan filosofi penelitian. Bab 2 membahas perbedaan karakteristik pendekatan paradigmatik dengan pragmatik. Bab 3 membahas filosofi positivisma, dan bab 4 membahas mengenai penelitian kritikal. Bagian II membahas Metodologi Penelitian terdiri dari 2 bab, yaitu bab 5 membicarakan mengenai pemilihan metodologi Kuantitatif atau Kualitatif dan bab 6 mendiskusikan lebih lanjut mengapa dan bagaimana penggunaan kedua metodologi Kuantitatif dan Kualitatif secara berpasangan. Strategi Penelitian di Bagian III terdiri dari 4 bab. Bab 7 membahas mengenai jenis-jenis penelitian yang dapat ditentukan dari formulasi pertanyaan penelitiannya. Bab 8 membahas bagaimana memetakan riset dan mengidentifikasikan peluang riset dari kajian literatur yang dilakukan. Bab 9 membahas pendekatan penelitian etnographic. Bab 10 membicarakan bagaimana melakukan manipulasi dan implementasi di metoda eksperimen.
Bagian V terdiri dari dua bab. Bab 11 membahas teknik pengumpulan data observasi di sosial media dan bab 12 membahas bagaimana mempresentasikan hasil penelitian dengan teknik media poster.