Background Pendidikan Sebelumnya:
Program Magister Sains
Program Studi | Asal S1 | Keterangan |
Akuntansi | Harus lulusan Akuntansi (sebidang) | |
Manajemen | Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi (selama 1 semester) |
Ilmu Ekonomi | Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester. |
Note:
linieritas-nya alih bidang atau bukan akan diputuskan oleh Pengelola berdasarkan review transkrip kuliah S-1
Program Doktor
Program Studi | Asal S1 dan S2 | Keterangan |
Akuntansi | S1 Harus lulusan Akuntansi (sebidang)
S2 Tidak harus lulusan Akuntansi (dapat alih bidang program studi) |
Bagi yang asal S2-nya alih bidang, kewajiban mengikuti Program Matrikulasi atau tidak didasarkan pada hasil test interview |
Manajemen | Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2 |
Ilmu Ekonomi | Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2 |
Persyaratan Pendaftaran S2
Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
1. | Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti; | ||||||||||||
2. | Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
|
||||||||||||
3. | Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan. |
||||||||||||
4. | Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id). |
||||||||||||
5. | Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan bukti sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 475. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id). Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI |
||||||||||||
6. | Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif; | ||||||||||||
7. | Syarat khusus:
*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research) |
||||||||||||
8. | Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini); | ||||||||||||
9. | Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama); | ||||||||||||
10. | Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). |
Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.
Persyaratan Pendaftaran S3
Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
No | Dokumen | Format |
1) | Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya | |
2) | Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman) | |
3) | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) | |
4) | Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI. |
|
5) | Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) | |
6) | Syarat Lain:
a. Pelamar S2: 1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) b. Pelamar S3: 1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) 2. Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi. |
3. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
4. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
* Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
6. Mengirimkan dokumen pendaftaran ke Bagian Admisi Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM yang terdiri dari:
Program MSi (S2) |
1. 1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.
2. 1 lembar fotokopi ijasah S1 yang telah dilegalisir. 3. 1 lembar fotokopi transkrip nilai akademik S1 yang telah dilegalisir. 4. 1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS. 5. 1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT. 6. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli. 7. 1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa. 8. 1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S1 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S1 yang masih proses perpanjangan. 9. 1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja. |
Program Doktor (S3) |
1. 1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.
2. 1 lembar fotokopi ijasah S2 yang telah dilegalisir. 3. 1 lembar fotokopi transkrip akademik S2 yang telah dilegalisir. 4. 1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS. 5. 1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT. 6. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli. 7. 1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa. 8. 1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S2 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S2 yang masih proses perpanjangan/ SK penyetaraan ijazah dari DIKTI bagi pendaftar yang asal S2 dari LN. 9. 1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja. 10. Draft proposal disertasi, sesuai dengan program studi: · Ilmu Akuntansi: 4 rangkap proposal · Ilmu Manajemen: 3 rangkap proposal · Ilmu Ekonomi: 3 rangkap proposal |