Background Pendidikan Sebelumnya:
Program Magister Sains
Program Studi | Asal S1 | Keterangan |
Akuntansi | Harus lulusan Akuntansi (sebidang) | |
Manajemen | Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi (selama 1 semester) |
Ilmu Ekonomi | Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester. |
Note:
linieritas-nya alih bidang atau bukan akan diputuskan oleh Pengelola berdasarkan review transkrip kuliah S-1
Program Doktor
Program Studi | Asal S1 dan S2 | Keterangan |
Akuntansi | S1 Harus lulusan Akuntansi (sebidang)
S2 Tidak harus lulusan Akuntansi (dapat alih bidang program studi) |
Bagi yang asal S2-nya alih bidang, kewajiban mengikuti Program Matrikulasi atau tidak didasarkan pada hasil test interview |
Manajemen | Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2 |
Ilmu Ekonomi | Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) | Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2 |
Persyaratan Pendaftaran S2
- Memiliki Ijazah asli. Ijazah S1 atau yang setara dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti;
Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI. - Memiliki Transkrip Nilai/Akademik S1 asli;
- Memiliki Indeks Prestasi Komulatif pada jenjang S1 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:
- ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
- ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
- Memiliki sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau yang setara, dengan ketentuan sebagai berikut :
-
- Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
- Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
- Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
-
- Memiliki Kemampuan Potensi Akademik yang dibuktikan dengan bukti sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 500. Lembaga yang diakui/direkomendasi oleh UGM yaitu salah satu dari:
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan bukti sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 475.
Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah: -
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat klik disini.
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, contoh sertifikat klik disini.
- Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen, contoh sertifikat klik disini.
Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris, silakan klik disini.
7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
8. Syarat khusus:
Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
9. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)
Persyaratan Pendaftaran S3
- Ijazah asli. Ijazah S2 dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti;
Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
2. Transkrip Nilai/Akademik S2 asli;
3. Memiliki Indeks Prestasi Komulatif pada jenjang S2 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:
a. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
b. ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
c. ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2, dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
b. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
c. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5. Memiliki Kemampuan Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 550. Lembaga yang diakui/direkomendasi oleh UGM yaitu salah satu dari:
a. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, contoh sertifikat klik disini.
b. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, contoh sertifikat klik disini.
c. Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), contoh sertifikat klik disini.
6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku dan minimal skor minimal 500.
Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah:
a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat klik disini.
c. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris, silakan klik disini.
7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
8. Syarat khusus:
9. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa mengikuti program (format dapat diunduh di sini).
10. Proposal penelitian thesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
11. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini).
PERHATIAN
- Skor tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris harus dikeluarkan oleh lembaga yang diakui/direkomendasikan oleh UGM.
- Isikan nomor peserta, tanggal pelaksanaan, dan lembaga penyelenggara tes tersebut pada isian data pendaftaran secara benar. Informasi yang Saudara isikan akan dikirim ke lembaga penyelenggara tes tersebut untuk divalidasi.
- Skor tes dianggap “0” apabila terdapat ketidaksesuaian antara isian data pendaftar dengan data di lembaga penyelenggara.
Prosedur Pendaftaran
- Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
- Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
- Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
- Menyiapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No | Dokumen | Format |
1) | Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya | |
2) | Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman) | |
3) | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) | |
4) | Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI. |
|
5) | Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) | |
6) | Syarat Lain:
a. Pelamar S2: 1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) b. Pelamar S3: 1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) 2. Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi. |
3. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
4. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
* Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
6. Mengirimkan dokumen pendaftaran ke Bagian Admisi Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM yang terdiri dari:
Program MSi (S2) |
1. 1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.
2. 1 lembar fotokopi ijasah S1 yang telah dilegalisir. 3. 1 lembar fotokopi transkrip nilai akademik S1 yang telah dilegalisir. 4. 1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS. 5. 1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT. 6. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli. 7. 1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa. 8. 1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S1 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S1 yang masih proses perpanjangan. 9. 1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja. |
Program Doktor (S3) |
1. 1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.
2. 1 lembar fotokopi ijasah S2 yang telah dilegalisir. 3. 1 lembar fotokopi transkrip akademik S2 yang telah dilegalisir. 4. 1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS. 5. 1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau; 1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT. 6. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli. 7. 1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa. 8. 1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S2 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S2 yang masih proses perpanjangan/ SK penyetaraan ijazah dari DIKTI bagi pendaftar yang asal S2 dari LN. 9. 1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja. 10. Draft proposal disertasi, sesuai dengan program studi: · Ilmu Akuntansi: 4 rangkap proposal · Ilmu Manajemen: 3 rangkap proposal · Ilmu Ekonomi: 3 rangkap proposal |