• Tentang UGM
  • Tentang FEB UGM
  • Portal Sintesis
  • Webmail
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Magister Sains dan Doktor
  • Beranda
  • Profil
    • Pengantar
    • Misi Visi
    • NILAI-NILAI ETIS
    • Kerja Sama
      • Luar Negeri Dual Degree
      • Luar Negeri Non Dual Degree
      • Dalam Negeri
    • Pengelola
    • Staf Pengajar
    • Karyawan
    • Fasilitas
    • Lokasi
  • Admisi & Alumni
    • ADMISI
      • Program M.Sc yang ditawarkan
      • Program Doktor yang Ditawarkan
    • BIAYA PENDIDIKAN
    • INFORMASI PENDAFTARAN
    • SYARAT PENDAFTARAN
    • JADWAL SELEKSI
    • Beasiswa
    • ALUMNI
      • Daftar Alumni
      • Tracer Alumni
      • Testimoni Alumni
      • PERMOHONAN LEGALISIR DAN TRANSLASI
  • Kemahasiswaan
    • Kehidupan Kampus
    • Himpunan Mahasiswa
    • Beasiswa
    • Wisuda
    • TATA TERTIB PENGGUNAAN INTERNET
  • Akademik
    • Program M.Sc
    • Kurikulum Program M.Sc
    • Kurikulum Program Doktor
    • Peraturan Akademik
      • Program Magister Sains
      • Program Doktor
    • Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
    • Panduan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Kuliah dan Ujian
    • Prosedur Pendaftaran Ujian (Covid-19)
    • Akreditasi
      • BAN PT Kemenristek DIKTI
      • AACSB Internasional
      • Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi
  • Penelitian
    • Tesis dan Disertasi
    • Journal Online
    • Publikasi
  • Pembelajaran
    • Workshop
    • Buku
    • Repesea Erasmus +
    • Program REACH
  • Beranda
  • Buku
  • Filosofi dan Metodologi Penelitian

Filosofi dan Metodologi Penelitian

  • Buku
  • 14 Mei 2018, 15.22
  • Oleh: admin
  • 0

Buku ini ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa dan peneliti-peneliti di bidang ilmu sosial khususnya ilmu ekononomi, bisnis, dan akuntansi yang ingin memahami lebih lanjutan mengenai filosofi penelitian dan juga metodologi penelitian. Memahami filosofi penelitian penting untuk mengerti aliran riset atau paradigma penelitian yang diikutinya, memilih pendekatan penelitian yang akan diterapkannya, metodologi yang akan digunakan, strategi penelitian yang akan dilakukan, dan teknik pengumpulan data yang dipilih.
Buku ini terdiri dari empat bagian. Bagian I membahas mengenai konsep Filosofi terdiri dari 4 bab dimulai dengan bab mengenai konsep filosofi, filosofi ilmu, dan filosofi penelitian. Bab 2 membahas perbedaan karakteristik pendekatan paradigmatik dengan pragmatik. Bab 3 membahas filosofi positivisma, dan bab 4 membahas mengenai penelitian kritikal. Bagian II membahas Metodologi Penelitian terdiri dari 2 bab, yaitu bab 5 membicarakan mengenai pemilihan metodologi Kuantitatif atau Kualitatif dan bab 6 mendiskusikan lebih lanjut mengapa dan bagaimana penggunaan kedua metodologi Kuantitatif dan Kualitatif secara berpasangan. Strategi Penelitian di Bagian III terdiri dari 4 bab. Bab 7 membahas mengenai jenis-jenis penelitian yang dapat ditentukan dari formulasi pertanyaan penelitiannya. Bab 8 membahas bagaimana memetakan riset dan mengidentifikasikan peluang riset dari kajian literatur yang dilakukan. Bab 9 membahas pendekatan penelitian etnographic. Bab 10 membicarakan bagaimana melakukan manipulasi dan implementasi di metoda eksperimen.
Bagian V terdiri dari dua bab. Bab 11 membahas teknik pengumpulan data observasi di sosial media dan bab 12 membahas bagaimana mempresentasikan hasil penelitian dengan teknik media poster.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi Magister Sains dan Doktor
Jln. Nusantara, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia 55281
+62 (274) 580726, 524607-609
+62 (274) 524606
pascaeko@ugm.ac.id

Membership

  • NIBES
  • AAPBS
  • AUNBE
  • GBSN
  • AACSB
  • EFMD

Accredited By

  • BANPT
  • AACSB

Social Media

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Instagram
  • YouTube
  • Linkedin

© 2019 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY