
Jumat, 29 Agustus 2025, Program Magister Sains dan Doktor (MD) FEB UGM berkolaborasi dengan Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM menyelenggarakan kuliah umum dengan topik menarik “Master Course in Research Method: What Can Researchers Learn from Chess?” dengan menghadirkan Dr. David Smerdon (Senior Lecturer at the University of Queensland’s School of Economics) sebagai pembicara utama. Kegiatan ini dilakukan secara luring pukul 09:00–11:00 WIB di Auditorium BRI, Lantai 3 Gedung Magister Sains dan Doktor FEB UGM.
Dalam pemaparannya, Dr. David menguraikan keterkaitan antara strategi dalam permainan catur dengan pendekatan penelitian ilmiah. Beliau menekankan bagaimana peneliti dapat belajar dari prinsip-prinsip catur, mulai dari perencanaan langkah, pengambilan keputusan di bawah ketidakpastian, hingga berpikir strategis jangka panjang, untuk meningkatkan kualitas riset yang lebih sistematis, kreatif, dan berdampak.
Beliau juga memberikan contoh konkret mengenai langkah-langkah dalam permainan catur, mulai dari pembukaan yang terencana, strategi tengah permainan yang adaptif, hingga penyelesaian akhir (endgame) yang menentukan kemenangan, dan mengaitkannya dengan proses penelitian yang menuntut perencanaan awal yang matang, pengelolaan data secara dinamis, serta penyusunan kesimpulan yang kuat. Diskusi ini memberikan wawasan inspiratif bagi peserta untuk mengembangkan cara berpikir yang lebih taktis, strategis, dan reflektif dalam perjalanan riset akademik mereka.
Pada sesi diskusi, peserta menunjukkan antusiasme tinggi dengan mengajukan berbagai pertanyaan kritis terkait penerapan prinsip-prinsip catur dalam riset. Dr. David menekankan bahwa catur tidak hanya melatih keterampilan kognitif seperti konsentrasi, memori, dan analisis pola, tetapi juga mengajarkan pentingnya berpikir taktis serta mengantisipasi beberapa langkah ke depan. Sama halnya dengan penelitian, seorang peneliti dituntut untuk menyusun hipotesis, memprediksi berbagai kemungkinan hasil, serta menyiapkan strategi alternatif ketika menghadapi ketidakpastian data atau kendala metodologis. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama antara pembicara, moderator, dan seluruh peserta, mengabadikan momen berharga dari kuliah umum ini.