• Tentang UGM
  • Tentang FEB UGM
  • Portal Sintesis
  • Webmail
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Magister Sains dan Doktor
  • Beranda
  • Profil
    • Pengantar
    • Misi Visi
    • NILAI-NILAI ETIS
    • Kerja Sama
      • Luar Negeri Dual Degree
      • Luar Negeri Non Dual Degree
      • Dalam Negeri
    • Pengelola
    • Staf Pengajar
    • Karyawan
    • Fasilitas
    • Lokasi
  • Admisi & Alumni
    • ADMISI
      • Program M.Sc yang ditawarkan
      • Program Doktor yang Ditawarkan
    • BIAYA PENDIDIKAN
    • INFORMASI PENDAFTARAN
    • SYARAT PENDAFTARAN
    • JADWAL SELEKSI
    • Beasiswa
    • ALUMNI
      • Daftar Alumni
      • Tracer Alumni
      • Testimoni Alumni
      • PERMOHONAN LEGALISIR DAN TRANSLASI
  • Kemahasiswaan
    • Kehidupan Kampus
    • Himpunan Mahasiswa
    • Beasiswa
    • Wisuda
    • TATA TERTIB PENGGUNAAN INTERNET
  • Akademik
    • Program M.Sc
    • Kurikulum Program M.Sc
    • Kurikulum Program Doktor
    • Peraturan Akademik
      • Program Magister Sains
      • Program Doktor
    • Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
    • Panduan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Kuliah dan Ujian
    • Prosedur Pendaftaran Ujian (Covid-19)
    • Akreditasi
      • BAN PT Kemenristek DIKTI
      • AACSB Internasional
      • Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi
  • Penelitian
    • Tesis dan Disertasi
    • Journal Online
    • Publikasi
  • Pembelajaran
    • Workshop
    • Buku
    • Repesea Erasmus +
    • Program REACH

Testimoni Alumni

Berita Selasa, 21 November 2017

Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Kabinet Kerja

Mahasiswa Program Magister Sains Akuntansi Lulusan Tahun 1994

“Sebagai alumni Program Magister Sains FEB UGM saya merasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selain itu, program tersebut juga menginspirasi saya bahwa jika kita ingin maju harus bekerja keras dan belajar dengan rajin dan penuh kedisiplinan. Selain itu, di program tersebut, kejujuran adalah hal utama ditanamkan, sehingga tidak terjadi dosen melakukan sesuatu yang tidak terpuji. Saya kira itu pelajaran yang penting saya dapatkan. Dosen-dosen yang ada juga mengajarkan nilai-nilai yang berguna dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, saya sangat senang mempunyai pengalaman belajar di Program Magister Sains FEB UGM.”

 

Dr. Gigih Prakoso – Komisaris Pertamina Patra Niaga

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Lulusan Tahun 2006

“Program S3 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada sangat fokus untuk membantu dan mangarahkan Mahasiswa S3 untuk dapat menyelesaikan disertasi dengat cepat dan berkualitas. Sistem pengajaran dan pembimbingannya sangat professional dan menyamai standar program-program S3 di universitas-universitas di Amerika Serikat. Dosen promotor, co promotor, dan dosen pembimbing lainnya sangat berdedikasi untuk memberikan bimbingan dan waktu konsultasi yang mencukupi. Di samping itu, lingkungan dan fasilitas untuk kuliah dan penelitian sangat mendukung mahasiswa untuk dapat fokus untuk menyelesaikan disertasi dengan efektif. Hal yang sangat positif untuk mengambil program S3 di FE UGM adalah jaminan untuk lulus dengan hasil yang memuaskan karena para dosen promotor selalu memonitor kemajuan disertasi mahasiswa dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan kelulusan mahasiswa S3 merupakan salah satu ukuran kinerja para dosen promotor dan pelaksana program.”

 

Dr. Suharnomo, MSi. – Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB Universitas Diponegoro

Mahasiswa Program Magister Sains Manajemen Lulusan Tahun 2002

“Program Magister Sains FEB UGM memberikan academic atmosphere yang baik. Kita diajarkan untuk mengembangkan curiosity. Di program tersebut kita juga menjadi lebih akrab dengan jurnal-jurnal ilmiah. Dengan itu kita diajarkan untuk cinta dulu sama hal-hal berbau scientific. Itu bekal untuk apa saja saya rasa. Tidak hanya sebagai basis untuk pendidikan lanjut, tapi juga mengajarkan cara berpikir sistematis dalam menghadapi berbagai situasi.”

 

Fadhliah M. Alhadar, SE. M.Si. – Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate Maluku Utara

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Angkatan 2011

“Menempuh studi doktoral di FEB UGM memberikan banyak manfaat. Kompetensi tenaga pengajar dan kurikulum, disertai nuansa akademis yang kental, mendorong mahasiswa untuk berusaha maksimal  dan menghasilkan ide – ide kreatif bagi riset – riset terdepan di bidang masing – masing.”

 

Dr. Kun Haribowo, M.Si. – Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi Lulusan 2014

“Program Doktor FEB UGM adalah institusi yg sangat  mengutamakan kualitas lulusannya. Selama proses perkuliahan saya  mendapatkan banyak tambahan ilmu di bidang ekonomi. Di samping itu, saya juga mendapatkan pengalaman mengikuti berbagai riset serta mendapatkan kesempatan menjadi tenaga pengajar tidak tetap di lingkup FEB UGM. Hal ini merupakan pengalaman yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Di program ini, saya  bertemu dengan tenaga pengajar yang  berdedikasi dan berkomitmen tinggi terhadap ilmu dan kehidupan akademik. Di sini pula saya bertemu dengan teman – teman  mahasiswa yang tekun dan tangguh yg berasal dari berbagai perguruan tinggi serta institusi di Indonesia. Saya yakin,  apa yg  kita peroleh dari program ini akan jauh lebih besar daripada pengorbanan yang kita keluarkan dalam mengikuti proses perkuliahan.”

 

Dr. Willy Abdillah, MSc. – Dosen Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Lulusan 2012

“Perubahan dan tuntutan lingkungan bisnis dan sosial yang semakin dinamis, memerlukan kematangan pengetahuan dan ketrampilan. Petualangan akademik yang disajikan oleh Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan perubahan lingkungan tetapi juga “hasrat akademis” yang akan selalu dirindukan oleh para penikmatnya. Bangga menjadi salah satu Penikmat Program Doktor Ilmu Manajemen FEB UGM!”

 

Dr. Intiyas Utami, SE, M.Si., Ak. – Pengajar di UKSW Salatiga – Wakil Dekan Bidang Akademik

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Akuntansi Lulusan 2013

“Kuliah di Program Doktor Akuntansi FEB UGM merupakan hal spektakuler dalam hidup akademis saya. Selama kuliah saya tidak hanya dibekali pengetahuan yang komprehensif tetapi juga diminta aktif melakukan riset dan publikasi. Proses pematangan keilmuan dan publikasi nasional maupun internasional didukung dengan fasilitas program dalam mendanai call for paper internasional. Demikian juga dalam penulisan disertasi dengan dukungan tim promotor, penguji maupun pengelola terbukti memacu semangat sehingga saya dapat menyelesaikan studi di bawah 4 tahun.”

 

I Wayan Nuka Lantara, M.Si., Ph.D. – Dosen FEB UGM

Mahasiswa Program Magister Sains Manajemen Lulusan Tahun 2000

“Saya sangat menikmati masa perkuliahan di Program MSi FEB UGM (Jurusan Manajemen). Walau waktu itu perkuliahan sering terasa berat karena banyaknya tugas kuliah dan paper yang harus dipelajari, tapi ternyata mampu memberikan bekal dan pengalaman bagi saya dalam mengembangkan kemampuan dan minat untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Para dosen pengampu sangat profesional dan mampu mendukung dan memotivasi mahasiswa untuk tetap belajar dan berjuang demi pencapaian yang lebih baik. Rekan-rekan kuliah yang sebagian besar berlatar belakang dosen, atau berminat untuk menjadi dosen atau peneliti ternyata bisa dijadikan teman diskusi yang sangat produktif. Suasana kelas yang sangat kondusif bisa dijadikan ajang untuk diskusi dan konfirmasi pemahaman materi perkuliahan dan mendukung pengembangan ide-ide penelitian. Kalau mau kuliah dalam arti sebenarnya, Progam MSi FEB UGM adalah pilihan yang tepat. Sukses untuk Program MSi FEB UGM dan kita semua.”

 

Muhammad Ikhsan, SE., MSc.

Mahasiswa Program Magister Sains Ilmu Ekonomi Lulusan Tahun 2011

“Berkuliah di MSi FEB UGM merupakan sebuah kesempatan yang sangat saya syukuri. Dididik oleh dosen-dosen yang kompeten dibidangnya, dengan international-based curriculum, suasana belajar yang nyaman, serta ditunjang oleh pegawai administrasi yang kompeten membuat masa-masa menimba ilmu di MSi FEB UGM sangat mengesankan. Selain itu, setiap siswa disini juga sangat diarahkan untuk dapat menulis paper sehingga berkesempatan publish pada jurnal-jurnal domestik maupun internasional.”

JADWAL SELEKSI

Pengumuman Jumat, 17 November 2017

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA SEMESTER GASAL TA 2025/2026*

No
Kegiatan
Gelombang 1
Gelombang 2
Gelombang 3
Gelombang 4
1 Pendaftaran 8-21 Jan 2025 12 Feb-12 Mar 2025 15 April-14 Mei 2025 10 Juni-2 Juli 2025
2 Pembayaran biaya pendaftaran
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing
3 Tes substantif (apabila ada) 30 Jan-3 Feb 2025 19-21 Maret 2025 20-22 Mei 2025 8-10 Juli 2025
4 Pengumuman hasil seleksi 6 Feb 2025 26 Maret 2025 28 Mei 2025 16 Juli 2025
5 Registrasi online bagi yang diterima 7 Feb-31 Juli 2025 27 Mar-31 Juli 2025 2 Juni-31 Juli 2025 17-31 Juli 2025
6 Hasil verifikasi dokumen registrasi dan Penetapan UKT 12 Feb 2025 16 April 2025 10 Juni 2025 23 Juli 2025
7 Periode pembayaran UKT 12 Feb-31 Juli 2025 16 April-31 Juli 2025 10 Juni-31 Juli 2025 23-31 Juli 2025
8 Awal kegiatan akademik
Agustus 2025

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA SEMESTER GENAP TA 2025/2026

Akan diinformasikan kemudian.

*) = Jadwal dimungkinkan mengalami perubahan

Untuk melakukan pendaftaran Program Pascasarjana, silakan membuat akun pendaftaran 

Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi (PKPIV Sandwich-Like Tahun 2016)

Beasiswa Selasa, 10 Oktober 2017

Salah satu bentuk kontribusi dosen di tingkat internasional adalah publikasi karya ilmiah pada jurnal yang

bertaraf internasional. Untuk menghasilkan publikasi tersebut dapat dilakukan melalui

pencangkokan, magang dosen ke beberapa pembimbing bertaraf internasional di luar negeri. Sehubungan

dengan hal tersebut, Ditjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kembali

menawarkan Program Beasiswa Peningkatan Publikasi Intemasional (PKPI)/Sandwich-like tahun 2016

bagi mahasiswa S3 di lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada

Sekolah/Program Pascasarjana Perguruan Tinggi penyelenggaran BPP-DN.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi sebagai calon penerima beasiswa PKPI adalah sebagai

berikut :

l. Calon adalah dosen tetap pada salah satu PTN maupun PTS di lingkungan Kemristekdikti yang

sudah memilikiNIDN;

2. Calon harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif 53 pada Sekolah/Program Pascasarjana

penyelenggara BPP-DN;

3. Calon telah dinyatakan lulus ujian proposal penelitian dengan Promotor yang sudah bersifat tetap;

4. Calon harus mempunyai data awal yang dapat digunakan untuk penulisan artikel (manuskrip) di

jurnal intemasional bereputasi;

5. Masa studi calon tidak melebihi 8 (delapan) semester dari program 53 yang telah ditempuh;

6. Calon telah memiliki surat penerimaan (letter of acceptance (LoA), letter of invitation) yang

menyatakan bahwa Perguruan Tinggi/lnstitusi Riset Luar Negeri yang dituju siap menerima

karyasiswa yang bersangkutan, atau minimal ada surat penerimaan (LoA) dari calon

pembimbing/mentor dengan bidang ilmu yang sejenis dengan calon. Sangat diprioritaskan LoA

ditulis dalam bahasa Inggris dan bersifat tanpa syarat (unconditonal);

7. Calon telah memiliki sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris setara TOEFL ITP minimal 500

atau IELTS minimal 5.5;

Bagi calon yang berminat dan memenuhi syarat sebagaimana dimaksud di atas, kami mohon segera

mendaftar secara online ke laman http://beasiswa.dikti.qo.id/pkpi, yagg sudah bisa diakses mulai tanggal

01 April s.d 17 April 2016. Pedoman Beasiswa PKPI (sandwich-like) tahun 2016 dapat diunduh pada

laman pendaftaran seperti disebut di atas.

1…545556
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi Magister Sains dan Doktor
Jln. Nusantara, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia 55281
+62 (274) 580726, 524607-609
+62 (274) 524606
+62 817-5464-545, +62 822-4286-6665, +62 812-2801-6668
pascaeko@ugm.ac.id

Membership

  • NIBES
  • AAPBS
  • AUNBE
  • GBSN
  • AACSB
  • EFMD

Accredited By

  • BANPT
  • AACSB

Social Media

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Instagram
  • YouTube
  • Linkedin

© 2019 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY