Yogyakarta, 7 Januari 2022
Program Magister Sains dan Doktor (MD) FEB UGM telah berhasil menyelenggarakan acara diskusi ilmiah yaitu MD REFO #6 pada tanggal 7 Januari 2022. MD REFO (Research Forum) yang keenam ini menghadirkan pembicara internasional yaitu Mrs. Vicky Andonopoulos, Ph.D., Dosen University of Sidney, Australia. Host dalam acara ini adalah Ibu Widya Paramitha, Ph.D., Dosen Universitas Gadjah Mada. Forum riset kali ini mengangkat topik kekinian yaitu “Study on Social Media Influencer from An Experimental Design” yang merupakan penelitian dari Mrs. Vicky. MD REFO #6 ini bertujuan untuk menambah wawasan teoritis dan metodologis serta menunjang kontribusi ilmiah, khususnya di bidang pemasaran modern. Sebanyak 87 peserta yang terdiri dari berbagai pihak, di antaranya mahasiswa, akademisi, praktisi, dan masyarakat umum, hadir menyimak pemaparan narasumber dengan penelitiannya yang sangat menarik dan relevan dengan kondisi pemasaran modern.
Dalam kesempatan diskusi ilmiah ini, Mrs. Vicky memulai pemaparan dengan menjelaskan peran influencer dalam promosi produk dan perbedaannya dengan celebrity endorser. Penelitian eksperimen ini sangat menarik karena memeriksa peran influencer di media sosial dari sisi authenticity (keaslian). Saat ini, peran influencer sangat penting dalam pemasaran modern yaitu pemasaran online, termasuk melalui media sosial. Dalam keberhasilannya memengaruhi keputusan pembelian konsumen, sisi keaslian (authenticity) influencer berperan penting. Konsumen dapat menilai dari setiap konten yang ditunggu influencer tersebut di media sosialnya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa influencer yang autentik dapat meningkatkan kepercayaan seseorang, sehingga mampu mendorong peningkatan inspirasi untuk membeli produk. Adapula pengaruh langsung dari keaslian tersebut adalah bahwa pada produk utilitarian, semakin autentik seorang influencer, maka semakin menginspirasi untuk membeli produk. Berbeda dengan yang terjadi pada produk hedonic bahwa semakin rendah keaslian (low authenticity) seorang influencer, maka semakin menginspirasi pembelian produk. Hal ini dikarenakan pada produk hedonic cenderung memerlukan konten yang pastinya harus menarik dan mencolok.
Pembahasan riset tersebut sangatlah memperkaya wawasan ilmiah, baik dari segi teoritis, maupun metodologis, sehingga dapat meningkatkan kebaruan riset pemasaran modern, khususnya pemasaran berbasis media sosial. Diharapkan acara ini mampu meningkatkan pengetahuan dan memotivasi peserta sebagai bekal kontribusi. Acara MD REFO #6 ini ditutup dengan foto bersama. (Y)