• Tentang UGM
  • Tentang FEB UGM
  • Portal Sintesis
  • Webmail
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Magister Sains dan Doktor
  • Beranda
  • Profil
    • Pengantar
    • Misi Visi
    • NILAI-NILAI ETIS
    • Kerja Sama
      • Luar Negeri Dual Degree
      • Luar Negeri Non Dual Degree
      • Dalam Negeri
    • Pengelola
    • Staf Pengajar
    • Karyawan
    • Fasilitas
    • Lokasi
  • Admisi & Alumni
    • ADMISI
      • Program M.Sc yang ditawarkan
      • Program Doktor yang Ditawarkan
    • BIAYA PENDIDIKAN
    • INFORMASI PENDAFTARAN
    • SYARAT PENDAFTARAN
    • JADWAL SELEKSI
    • Beasiswa
    • ALUMNI
      • Daftar Alumni
      • Tracer Alumni
      • Testimoni Alumni
      • PERMOHONAN LEGALISIR DAN TRANSLASI
  • Kemahasiswaan
    • Kehidupan Kampus
    • Himpunan Mahasiswa
    • Beasiswa
    • Wisuda
    • TATA TERTIB PENGGUNAAN INTERNET
  • Akademik
    • Program M.Sc
    • Kurikulum Program M.Sc
    • Kurikulum Program Doktor
    • Peraturan Akademik
      • Program Magister Sains
      • Program Doktor
    • Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
    • Panduan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Kuliah dan Ujian
    • Prosedur Pendaftaran Ujian (Covid-19)
    • Akreditasi
      • BAN PT Kemenristek DIKTI
      • AACSB Internasional
      • Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi
  • Penelitian
    • Tesis dan Disertasi
    • Journal Online
    • Publikasi
  • Pembelajaran
    • Workshop
    • Buku
    • Repesea Erasmus +
    • Program REACH
  • Beranda
  • SYARAT PENDAFTARAN

SYARAT PENDAFTARAN

  • 17 November 2017, 12.59
  • Oleh: admin
  • 0

Background Pendidikan Sebelumnya:

Program Magister Sains

Program Studi Asal S1 Keterangan
Akuntansi Harus lulusan Akuntansi (sebidang)
Manajemen Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi (selama 1 semester)
Ilmu Ekonomi Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) Bagi yang asal S1-nya alih bidang, maka wajib mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester.

Note:

linieritas-nya alih bidang atau bukan akan diputuskan oleh Pengelola berdasarkan review transkrip kuliah S-1

Program Doktor

Program Studi Asal S1 dan S2 Keterangan
Akuntansi S1 Harus lulusan Akuntansi (sebidang)

S2 Tidak harus lulusan Akuntansi (dapat alih bidang program studi)

Bagi yang asal S2-nya alih bidang, kewajiban mengikuti Program Matrikulasi atau tidak didasarkan pada hasil test interview
Manajemen Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi) Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2
Ilmu Ekonomi Tidak harus lulusan Ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi) Bagi yang alih bidang, maka kewajiban untuk mengikuti Program Matrikulasi atau tidak akan diputuskan dalam yudisium penerimaan dengan berdasarkan hasil test interview dan pertimbangan reviewtranskrip akademik S1 dan S2

Persyaratan Pendaftaran S2

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
500
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI
500
Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
500
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan bukti sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 475.
Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Keterangan
AcEPT UGM Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS) Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
Internet-Based (iBT) TOEFL Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Persyaratan Pendaftaran S3

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.

 

1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S2 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S2 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:

≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S2, dengan ketentuan sebagai berikut :

Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;

Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;

Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM 550 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI 550 Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 550 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan bukti sertifikat yang masih berlaku, dengan skor minimal 500.
Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Keterangan
AcEPT UGM Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS) Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
Internet-Based (iBT) TOEFL Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINI

Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
7. Syarat khusus:

Proyeksi keinginan calon Mahasiswa mengikuti program (format dapat diunduh di sini).

Proposal penelitian Disertasi*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

 

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

PERHATIAN

  1. Skor tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris harus dikeluarkan oleh lembaga yang diakui/direkomendasikan oleh UGM.
  2. Isikan nomor peserta, tanggal pelaksanaan, dan lembaga penyelenggara tes tersebut pada isian data pendaftaran secara benar. Informasi yang Saudara isikan akan dikirim ke lembaga penyelenggara tes tersebut untuk divalidasi.
  3. Skor tes dianggap “0” apabila terdapat ketidaksesuaian antara isian data pendaftar dengan data di lembaga penyelenggara.

Prosedur Pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
  3. Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Menyiapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman) *.pdf
3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
4) Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.

Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.

*.pdf
5) Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
6) Syarat Lain:

a.    Pelamar S2:

1.   Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)

b.   Pelamar S3:

1.     Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)

2.   Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar).

Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.

*.pdf

3. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

4. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
* Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.

5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

6. Mengirimkan dokumen pendaftaran ke Bagian Admisi Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM yang terdiri dari:

Program MSi (S2)
1.    1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.

2.    1 lembar fotokopi ijasah S1 yang telah dilegalisir.

3.    1 lembar fotokopi transkrip nilai akademik S1 yang telah dilegalisir.

4.    1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS.

5.    1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT.

6.    1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli.

7.    1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa.

8.    1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S1 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S1 yang masih proses perpanjangan.

9.    1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja.

Program Doktor (S3)
1.    1 lembar bukti peserta seleksi calon mahasiswa baru.

2.    1 lembar fotokopi ijasah S2 yang telah dilegalisir.

3.    1 lembar fotokopi transkrip akademik S2 yang telah dilegalisir.

4.    1 lembar fotokopi sertifikat PAPs yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TKDA HIMPSI yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TPA BAPPENAS.

5.    1 lembar fotokopi sertifikat AcEPT yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat TOEP PLTI yang telah dilegalisir atau;

1 lembar fotokopi sertifikat ITP/IELTS/ IBT.

6.    1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter RS/ Puskesmas/ Klinik yang asli.

7.    1 lembar form proyeksi keinginan calon mahasiswa.

8.   1 lembar sertifikat akreditasi program studi asal S2 yang masih berlaku/ 1 lembar fotokopi bukti serah terima borang akreditasi dari BAN PT bagi program studi asal S2 yang masih proses perpanjangan/ SK penyetaraan ijazah dari DIKTI  bagi pendaftar yang asal S2 dari LN.

9.   1 lembar surat ijin studi/ tugas belajar asli dari instansi bagi yang sudah bekerja.

10.  Draft proposal disertasi, sesuai dengan program studi:

·           Ilmu Akuntansi: 4 rangkap proposal

·           Ilmu Manajemen: 3 rangkap proposal

·           Ilmu Ekonomi: 3 rangkap proposal

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi Magister Sains dan Doktor
Jln. Nusantara, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia 55281
+62 (274) 580726, 524607-609
+62 (274) 524606
pascaeko@ugm.ac.id

Membership

  • NIBES
  • AAPBS
  • AUNBE
  • GBSN
  • AACSB
  • EFMD

Accredited By

  • BANPT
  • AACSB

Social Media

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Instagram
  • YouTube
  • Linkedin

© 2019 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY