Yogyakarta, 25 Maret 2022
Program Magister Sains dan Doktor (MD) FEB UGM telah mengadakan ujian terbuka promosi doktor Ilmu Akuntansi bagi promovendus Muhammad Roy Aziz Haryana. Bapak Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA., Ketua Departemen Akuntansi FEB UGM, bertindak sebagai Ketua Sidang. Dalam Ujian Terbuka kali ini, hadir Sony Warsono, MAFIS, Ph.D., selaku promotor serta Prof. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. dan Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D. selaku ko-promotor. Selain itu, hadir pula tim penilai yang meliputi Prof. Jogiyanto Hartono M., M.B.A., Ph.D., Syaiful Ali, MIS., Ph.D., dan Dian Kartika Rahajeng, M.Sc., Ph.D. Adapun tim penguji dalam sidang kali ini adalah Dr. Julianto Agung Saputro, M.Si. dan Dr. Sumiyana, M.Si. Turut hadir pula keluarga calon doktor dan para tamu undangan.
Ujian terbuka promosi doktor dibuka oleh ketua sidang untuk kemudian diberikan kesempatan kepada promotor, ko-promotor, tim penilai, dan tim penguji untuk memberikan pertanyaan terkait disertasi yang sudah dilakukan. Promovendus mampu menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar serta dapat mempertahankan argumen atas disertasinya yang berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Reality dan Materi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Individu dalam Konteks Pembelajaran Akuntansi” sehingga berhasil lulus dengan predikat “sangat memuaskan.”
Sebagai informasi, disertasi Dr. Roy Aziz meneliti hasil belajar individu dalam konteks pembelajaran akuntansi, sehingga unit analisis dalam penelitian ini adalah individu. Penelitian ini menarik karena sangat sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini yang berkembang pesat. Hal yang menarik dan melatarbelakangi penelitian ini adalah karena di saat perkembangan teknologi semakin pesat, perkembangan penelitian di bidang instruksional justru menurun. Penelitian instruksional adalah mengenai pengujian media pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan desain instruksional yang disusun terhadap hasil belajar individu.
Berdasarkan kajian literatur, untuk menguji keefektifan desain instruksional, dapat menggunakan salah satu teori yaitu cognitive law theory. Melalui teori ini, dapat diketahui sejauh mana kondisi kognitif seseorang dalam memahami suatu materi atau informasi berdasarkan penyajian media maupun materi yang diberikan. Dalam perkembangannya, penelitian tidak hanya menggunakan cognitive law theory saja, tetapi juga mengembangkan teori tersebut menjadi cognitive theory of multimedia learning virtual reality. Dalam penelitiannya, Dr. Roy memeriksa pengaruh media pembelajaran virtual reality, di mana merupakan media pembelajaran berteknologi canggih yang potensial diterapkan. Selain menguji pengaruh media pembelajaran tersebut pada hasil belajar individu, diuji pula pengaruh materi pembelajaran pada hasil belajar individu.
Penelitian ini sangat berkontribusi dalam aspek teoritis, di mana menggunakan pengembangan cognitive law theory yaitu berupa cognitive theory of multimedia learning virtual reality. Kesenjangan penelitian terdahulu berupa menurunnya penelitian instruksional juga direspon oleh penelitian ini, di mana memberikan hasil pengujian mengenai pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terkini dan pengaruh materi pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini juga berkontribusi secara empiris. Kontribusi praktisnya adalah membantu akademisi dan praktisi pendidikan, khususnya di bidang akuntansi, dalam mempertimbangkan media pembelajaran terkini disertai materi pembelajaran yang sesuai.
Dr. Roy resmi menyandang gelar doktor ke-5457 yang lulus ujian di Universitas Gadjah Mada dan ke-313 yang lulus ujian di FEB UGM. Bapak Sony Warsono, MAFIS, Ph.D. selaku promotor mengucapkan selamat atas kelulusan Dr. Roy dan berpesan agar selalu menjaga hubungan baik dengan para alumni. Jangan lupa pula untuk membantu dan memotivasi rekan seperjuangan. Teruslah mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan doktor untuk kebermanfaatan semua pihak. (Y)