Yogyakarta – Kamis, 17 Oktober 2019. Salah satu mahasiswa Program Doktor menjadi kandidat pada ujian terbuka promosi doktor pada Program Magister Sains dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MD FEB UGM). Yunita Anggarini, SE, M.Si., teregistrasi sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen dan merupakan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara atau yang dikenal dengan STIM YKPN. Disertasi dengan judul “Pengaruh Religiositas pada Elemen-Elemen Teori Perilaku Terencana dan Perilaku Memilih Produk Perbankan Syariah” menghantarkan Yunita Anggarini, SE, M.Si. secara resmi meraih gelar doktor doktor yang ke 4536 di Universitas Gadjah Mada, dan yang ke 275 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dengan predikat sangat memuaskan. Tim promotor terdiri dari BM. Purwanto, MBA., Ph.D. dan Dr. Bayu Sutikno, Cand. Merc., sebagai ko-promotor.
Ujian terbuka promosi doktor dibuka oleh ketua tim penguji dan penilai, Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D., Dekan FEB UGM. Selain itu, hadir juga tim penguji dan tim penilai yaitu Dr. Sari Winahjoe, S., MBA., Bayu Ari Aritejo, MSi., MM., Ph.D., Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek., Yulia Arisani W., MBA., Ph.D., dan Dr. Suci Pramitasari Syahlani, MM. Tim promotor, tim penguji, dan tim penilai memberikan pertanyaan-pertanyaan selama rentang satu jam kepada Dr. Yunita Anggarini, M.Sc.
Penelilitan Dr. Yunita Anggarini, M.Sc., bertujuan untuk menguji pengaruh religiositas pada pembentukan teori perilaku terencana maupun pada perilaku memilih produk perbankan syariah. Terdapat tiga kontribusi pada penelitian ini yaitu: (i) terhadap kebaharuan metodologis berupa pengukuran yang dilakukan pada level dimensi (low dimension); (ii) metode analisis dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung dengan dimediasi oleh tiga elemen teori perilaku terencana (theory of planned behaviour); (iii) tidak terbatas pada niat berperilaku melainkan perilaku aktual untuk memilih produk perbankan syariah. Menggunakan metode survei terhadap 500 responden nasabah bank di DI. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa semakin tinggi perilaku religius konsumen maka sikap terhadap perilaku memilih produk perbankan syariah dan kontrol perilaku akan meningkat. Akan tetapi, komitmen religiositas tidak berdampak signifikan terhadap persepsi kontrol keperilakuan. Lebih jauh, Dr. Yunita Anggarini, M.Sc., menyarankan agar pada penelitian selanjutnya menguji sumber inisiatif keputusan apakah bersumber dari diri sendiri atau orang lain, amupun pertanyaan yang menguji keyakinan diri konsumen terhadap produk perbankan syariah.
Pada penutupan ujian terbuka promosi, BM. Purwanto, MBA., Ph.D., sebagai promotor menyampaikan selamat dan berpesan kepada Dr. Yunita Anggarini, M.Sc., untuk segera mempublikasi penelitiannya pada jurnal bereputasi internasional. (RP)