Yogyakarta- Jum’at 10 Agustus, Program Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor, pada ujian terbuka promosi doktor kali ini Fitroh Adhilla sebagai mahasiswa doktor program studi manajemen dan merupakan Dosen Universitas Ahmad Dahlan. Dr. Fitroh Adhilla, M.Si resmi menyandang gelar doktor yang ke-4099 di Universitas Gadjah Mada, dan yang ke-254 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh ketua sidang Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand, Merc., Ph.D. dan tim promotor Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A., ko-promotor Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc dan Bayu Sutikno, MSM., PhD serta tim penguji yang terdiri dari Dr. Jeanne Ellyawati, MM., Yulia Arisnani W, M.B.A., PhD., Dr. Bayu Aji Aritejo, MM., M.Si, dan Dr. Anton Agus Setiawan, M.Si. Disertasi yang disusun oleh Fitroh Adhilla berjudul “Anteseden pada Model Identifikasi Merek dan Pengaruhnya pada Perilaku Konsumen” yang dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan.
Disertasi yang ditulis bertujuan untuk menutup tiga kesenjangan yang ada, yakni kesenjangan teoritis, kesenjangan metodologis, dan kesenjangan empiris. Kesenjangan teoritis terkait dengan definisi konsep identifikasi merek yang selama ini hanya memasukkan komponen kognitif. Kesenjangan metodologis terkait dengan pengukuran kepribadian merek yang selama ini masih belum tepat. Kemudian kesenjangan empiris terkait dengan identifikasi merek yang banyak dilakukan dalam lingkup konsumen pemilik merek. Oleh karena itu, penelitian ini kemudian mengungkap beberapa faktor yang menyebabkan seorang anggota komunitas mengidentifikasi suatu merek. Identifikasi merek konsumen dipengaruhi oleh (1) kepribadian merek, (2) gengsi, (3) reputasi merek, (4) kepuasan konsumen, (5) komunikasi perusahaan, dan (6) identitas sosial. Identifikasi merek-konsumen akan mempengaruhi kesetiaan merek dan getok tular positif. Hasil pengujian dengan menggunakan SEM (structural equation modeling) menunjukkan bahwa mendukung kepuasan merek, gengsi, dan kepuasan konsumen sebagai prediktor yang signifikan pada identifikasi merek-konsumen, serta identifikasi merek-konsumen merupakan prediktor yang signifikan pada kesetiaan merek dan getok tular positif dalam rerangka model identifikasi merek konsumen.
Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A sebagai promotor berpesan kepada doktor baru, Dr. Fitrah Adhilla. SE., M.Si untuk terus berkarya, jangan hanya berpuas diri dengan apa yang didapatkan sekarang. Harapan kedepannya harus meningkatkan kompetensi dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Pada akhirnya ilmu yang didapatkan dapat diamalkan, menjadi bermanfaat bagi diri pribadi, almamater, dan negara. Selamat kepada Dr. Fitrah Adhilla. SE., M.Si. (DYR)