Yogyakarta, 26 Januari 2022
Program Magister Sains dan Doktor (MD) FEB UGM telah mengadakan ujian terbuka promosi doktor Ilmu Manajemen bagi promovendus Dwi Martiyanti. Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand.Merc., Ph.D., Ketua Departemen Manajemen, bertindak sebagai Ketua Sidang. Dalam Ujian Terbuka kali ini, hadir Prof. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A., Ph.D. selaku promotor serta Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc. selaku ko-promotor. Selain itu, hadir pula tim penilai yang meliputi Dr. Sari Winahjoe Siswomihardjo, M.B.A., Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D., dan Dr. Jeanne Ellyawati, M.M. Adapun tim penguji dalam sidang kali ini adalah Widya Paramita, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Gancar C Premananto, M.Si. Turut hadir pula keluarga calon doktor, kerabat kerja dari Universitas Mulawarman, dan para tamu undangan.
Ujian terbuka promosi doktor dibuka oleh ketua sidang untuk kemudian diberikan kesempatan kepada promotor, ko-promotor, tim penilai, dan tim penguji untuk memberikan pertanyaan terkait disertasi yang sudah dilakukan. Promovendus mampu menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar serta dapat mempertahankan argumen atas disertasinya yang berjudul “Konsep Keterhubungan Konsumen-Merek pada Perilaku Keterikatan Pelanggan di Media Sosial: Perspektif Teori Keterlekatan,” sehingga berhasil lulus dengan predikat “sangat memuaskan.”
Sebagai informasi, disertasi Dr. Dwi Martiyanti berfokus pada konsep hubungan konsumen dan merek dalam konteks keterikatan pelanggan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa pengaruh keterlekatan merek dan ekspresi diri merek terhadap perilaku keterikatan pelanggan. Berdasarkan teori, terdapat hubungan tidak langsung antara variabel independen dan variabel dependen, sehingga penelitian ini menggunakan kecintaan merek sebagai pemediasi dan intensitas pelanggan sebagai pemoderasi.
Dalam penelitiannya, beliau mengeksplorasi berbagai faktor yang memengaruhi keterikatan pelanggan di media sosial. Subjek penelitian ini adalah generasi Y karena relevan dengan objek penelitian yaitu perilaku keterikatan pelanggan di media sosial. Generasi Y ini mempunyai kecenderungan tinggi untuk aktif mengakses media sosial.
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman ini resmi menyandang gelar doktor ke-5391 yang lulus ujian di Universitas Gadjah Mada dan ke-310 yang lulus ujian di FEB UGM. Prof. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A., Ph.D. selaku promotor mengucapkan selamat atas gelar doktor yang diperoleh Dr. Dwi dan menyatakan bahwa keberhasilannya meraih gelar doktor ini bukanlah poin akhir, tetapi merupakan titik awal dari proses pembelajaran ke depan. Apa yang diperoleh saat ini, tentu hanyalah sebagian dari sekian banyak hal di luar FEB UGM. Sebagai lulusan FEB UGM yang terakreditasi AACSB, diharapkan banyak memberikan kontribusi. Prof. Basu berpesan agar Dr. Dwi tetap menjaga komunikasi dengan almamater tercinta. (Y)